Pages

Sabtu, 14 April 2012

Cara Memilih Makanan Sehat

Siapa sih yang gak mau hidup sehat? Semua orang pasti ingin menjalani kehidupan sehat jasmani dan rohani. Menuju hidup sehat dapat ditempuh dengan banyak cara. Berikut tips yang dapat diikuti untuk mendapatkan makanan sehat, tapi juga masih tetap enak di lidah.
1. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi
Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh tetap sehat. Dan satu jenis makanan saja tak bisa mencukupi asupan semua jenis ini. Pilihlah makanan yang kaya nutrisinya.
2. Konsumsi padi-padian penuh, buah dan sayuran
Survey menunjukkan kalau kebanyakan orang tak cukup mengkonsumsi jenis makanan ini. Jika kita termasuk yang tak menikmati jenis makanan ini sebelumnya, maka mulai saat ini beri kesempatan pada diri kita untuk mencicipinya.
3. Atur berat badan seimbang
Kelebihan berat badan membuat tekanan darah jadi meningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Tapi memiliki tubuh kurus juga bisa menyebabkan osteoporosis, jadi berat badan seimbang sangat mempengaruhi kesehatan.
4. Makan secara teratur
Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Menyantap camilan di antara jam makan satu-satunya cara yang dapat membantu mengatasi rasa lapar, tapi jangan berlebihan.
5. Kurangi, bukan membatasi porsi makan
Kebanyakan orang menyantap makanan untuk menyenangkan diri. Jika makanan favorit kita termasuk jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, maka kunci untuk menjadikannya layak dengan memeriksa terlebih dulu kandungan dalam makanan dan ubahlah jika itu perlu.
6. Seimbangkan pilihan makanan setiap saat
Saat menyantap makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih yang bahan-bahannya paling rendah.
7. Buat perubahan secara bertahap
Tak pernah ada ‘makanan super’ atau diet sehat yang mudah, jangan mengharapkan bisa langsung menghapus kebiasaan makan dalam semalam. Mulailah melakukan perubahan setahap demi setahap hingga mencapai hasil positif, dan menjadi kebiasaan pola makan sehat sepanjang hidup.
8. Ingat, makanan bukan sebuah kebiasaan buruk
Pilih makanan yang didasarkan pada pola makan total kita, bukan berdasarkan ‘baik’ atau ‘buruk.’ Makan secara layak, dan pilih makanan lain yang dapat menyeimbangkan gizi yang baik untuk kesehatan kita.

0 komentar:

PERSELA 4EVER

MUSIC PILIHAN

memberi makan marmud yang lucu

Template by : kendhin x-template.blogspot.com